Maria Simorangkir became the youngest contestant to win Indonesian Idol. Photo: Indonesian Idol/YouTube
Maria Simorangkir became the youngest contestant to win Indonesian Idol. Photo: Indonesian Idol/YouTube

Maria Simorangkir, seorang gadis berusia 16 tahun, menjadi pemenang termuda didalam sejarah ajang perlombaan nyanyi Indonesian Idol saat namanya disebutkan sebagai pemenang musim ke-9 pada tanggal 23 April kemarin.

Selain gelar sebagai Indonesian Idol 2018, Maria juga membawa pulang hadiah uang sebesar 150 juta rupiah dan sebuah mobil baru atas kemenangannya didalam acara lomba menyanyi TV realita yang telah ada sejak tahun 2004 tersebut, menurut laporan berita The Jakarta Post.

Didalam sebuah konferensi pers yang diadakan pada hari berikutnya di Ancol Dreamland Park di Jakarta Utara, Maria mengatakan bahwa dia akan memakai hadiah uang yang diperolehnya untuk melanjutkan sekolah di Singapura. Dia berharap dapat menjadi seorang produser musik di kemudian hari, Kompas.com melaporkan.

Para juri Indonesian Idol tahun ini, Judika, Armand Maulana, Maia Estianty, Bunga Citra Lestari dan Ari Lasso, semuanya memuji kekuatan suara Maria Simorangkir.

Pada tanggal 9 April, Maria menyanyikan sebuah lagu dari Whitney Houston yang berjudul “I Have Nothing”, yang membuatnya berhasil masuk ke babak grand final pada tanggal 16 April, dimana dia kemudian membawakan sebuah lagu dari Celine Dion yang berjudul “My Heart Will Go On”.

Pada tanggal 23 April, di malam penobatan pemenang Indonesian Idol 2018, Maria melantunkan lagu “Stand Up For Love” dari Destiny’s Child. Rekaman video Maria menyanyikan ketiga lagu tersebut di ajang Indonesian Idol 2018 telah ditonton oleh lebih dari 10 juta orang melalui YouTube.

YouTube video

Original: Sixteen-year-old girl wins Indonesian Idol title