The Court of Final Appeal clarified the coverage of the 'Access to a computer with criminal or dishonest intent' charge. Photo: iStock

Orang-orang yang terpidana karena mengambil video wanita yang roknya terbuka di tempat umum atau video-video telanjang pekerja rumah tangga mereka dengan memakai kamera tersembunyi sekarang dapat bebas dari tuntutan kriminal setelah baru-baru ini sebuah klarifikasi hukum diberikan oleh Pengadilan Banding Akhir di Hong Kong.

Pada hari Kamis, pengadilan tersebut menolak permohonan banding oleh Departemen Pengadilan berkenaan dengan kasus yang melibatkan empat guru sekolah dasar yang membocorkan kertas ujian melalui telepon genggam mereka.

Para terdakwa sebelumnya dituntut atas tuduhan “mengakses komputer untuk tindakan kriminal atau tidak baik,” namun pengadilan banding membebaskan mereka dari tuntutan tersebut, yang mana hanya menargetkan orang yang menggunakan komputer orang lain secara ilegal.

Putusan pengadilan tersebut pun telah menyebabkan ketidakpastian atas 13 kasus serupa, dimana mereka yang telah dipidana sekarang dapat mengajukan permohonan banding, Apple Daily melaporkan pada hari Jumat.

Pada tahun 2017, seorang pria dipenjara selama dua bulan setelah ditemukan bersalah mengambil video seorang pekerja rumah tangga asal Indonesia yang sedang mandi. Tahun lalu, seorang pria lainnya didapati menggunakan telepon genggamnya untuk mengambil video-video telanjang keponakan perempuan dari kekasihnya dalam sebuah kamar mandi.

Dalam kedua kasus ini, yang terkena pidana dituntut dengan tuduhan yang sama, dan itu berarti setelah putusan pengadilan yang dimaksud, mereka pun dapat mengajukan permohonan banding, demikian dijelaskan dalam laporan berita Apple Daily.

Beberapa dari orang-orang yang dipidana dengan tuduhan tersebut dan yang hanya menggunakan alat-alat milik mereka sendiri, artinya, dapat naik banding, demikian ungkap seorang legislator bernama Dennis Kwok Wing-hang.

Pengacara Albert Luk Wai-hung berkata bahwa sekarang akan menjadi lebih sukar lagi untuk menuntut orang-orang yang mengambil video wanita yang rok nya terbuka di tempat umum serta video-video telanjang pekerja rumah tangga mereka di rumah.

Jaksa penuntut sekarang hanya bisa menggunakan undang-undang lainnya, seperti peraturan tentang berkeliaran, untuk menuntut orang-orang yang dicurigai mengambil video-video yang dimaksud di tempat umum, dia menjelaskan kepada Wen Wei Po.

Dia menambahkan bahwa penting untuk pemerintah mengeluarkan undang-undang mengenai anti mengintip, yang sebelumnya pernah diusulkan oleh Komisi Perubahan Hukum Hong Kong.

Original: Court ruling frees many convicted of taking upskirt videos

Join the Conversation

1 Comment

  1. Hey I am so happy I found your site, I really found you by mistake, while I was browsing on Askjeeve for something else, Regardless I am here now and would just like to say cheers for a incredible post and a all round thrilling blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the moment but I have saved it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more, Please do keep up the fantastic job.