The chemical plant in the industrial estate in Guanyin district, Taoyuan. Photo: Google Maps

Seorang pria Indonesia berusia 35 tahun dan teman kerjanya, seorang pria Taiwan berusia 43 tahun, hampir tewas keracunan gas hidrogen sulfida pada Rabu pagi ketika mereka sedang bekerja di bagian pengolahan limbah pada sebuah pabrik kimia di Taoyuan, Taiwan.

Pada 20 Maret sekitar pukul 10 pagi, Departemen Pemadam Kebakaran Taoyuan menerima panggilan untuk memberikan bantuan setelah terjadinya sebuah kecelakaan pada sebuah tempat kerja di sebuah daerah industri di wilayah Guanyin, dimana sang WNI bernama Wahyudi dan temannya ditemukan terkapar tidak sadarkan diri di lantai, United Daily News melaporkan.

Oleh karena tempat ditemukannya kedua korban dipenuhi dengan uap hidrogen sulfida, petugas pun terus menyemprotkan air di tempat tersebut, setelah mengirim kedua korban keracunan itu ke rumah sakit.

Setelah rumah sakit melakukan usaha untuk menyadarkan kembali kedua korban, Wahyudi akhirnya kembali sadar dan telah berada dalam kondisi stabil, sementara sang teman baru kembali bernapas dan berdetak jantung saja, dengan kondisi yang masih kritis.

Setelah kejadian itu, Kantor Inspeksi Tenaga Kerja pun mengeluarkan surat pemberitahuan penghentian aktivitas kerja.

Pihak berwenang saat ini sedang memeriksa apakah perusahaan tersebut telah lalai, yang merupakan pelanggaran atas UU Pencegahan Bahaya karena Zat Kimia Tertentu, dimana pelanggar dapat dikenakan denda sebesar NT$30.000-300.000 (US$973-9.730).

Original: Indonesian, local suffer hydrogen sulfide poisoning

Join the Conversation

1 Comment