It took six men to subdue this gigantic python. Photo: Youtube.
It took six men to subdue this gigantic python. Photo: Youtube.


Seekor ular piton besar telah ditangkap di pulau Sumatra baru-baru ini setelah seorang nelayan setempat tidak sengaja menginjak ular tersebut, mengira bahwa ular tersebut adalah sebatang kayu.

Enam orang nelayan setempat sedang melewati sebuah hutan di Padang Pariaman, Sumatra Barat, ketika seorang diantara mereka yang bernama Tan Galuang, tanpa sengaja menginjak seekor ular piton sepanjang 9 meter, UK Mirror melaporkan.

Hewan reptil raksasa tersebut pun melilit kaki salah seorang pria tersebut, namun tak lama kemudian para pria tersebut berhasil menangkap ular tersebut dengan memegangi mulut sang ular agar tidak ada yang digigitnya.

Galuang berkata bahwa awalnya mereka ada di daerah tersebut untuk mencari ikan namun mereka tahu bahwa ular juga cukup berharga.

Ular piton besar seberat hampir 100 kg tersebut akhirnya ditempatkan di sebuah kandang besar untuk beberapa hari sebelum kemudian petugas margasatwa mengambilnya dan melepaskannya di tempat yang jauh dari daerah yang memiliki populasi manusia.

Piton merupakan jenis ular yang tidak berbisa namun lilitannya tetap berbahaya karena dapat meremukkan korbannya dalam lilitan tersebut. Mereka dapat tumbuh sampai sepanjang lebih dari 9 meter, menjadikan mereka ular yang terpanjang di dunia.