Mount Bromo in Java, Indonesia. Photo: iStock
Mount Bromo in Java, Indonesia. Photo: iStock

Lima belas pulau terindah di dunia berada di wilayah Asia dan Oceania, menurut majalah Travel + Leisure yang berbasis di New York, dan yang terbaik diantaranya terletak di Indonesia.

Majalah tersebut menyebut Jawa sebagai lokasi dalam daftar 15 Pulau Terbaik Dunia, dengan tujuan lainnya di Indonesia, Bali, muncul setelah Jawa dalam daftar tersebut. Jawa “didaulat oleh karena budaya kunonya, pemandangan yang memukau, serta tempat-tempat yang dinobatkan sebagai UNESCO World Heritage, seperti Candi Borobudur” dan kota-kota modern yang ada di pulau tersebut.

“Air terjun, gunungberapi, kebun raya dan pantai dengan pasir putih mengijinkan pengunjung untuk menjauh dari kebisingan,” demikian ungkap majalah tersebut.

Lombok muncul pada urutan ketiga, sementara Maldives di Samudera Hindia berada pada urutan keempat. Waiheke di Selandia Baru (ke-5), Palawan dan Cebu di Filipina (ke-6 dan 8), Tasmania di Australia (ke-10) dan Pulau Cook (ke-12) juga termasuk dalam daftar yang sama.

Pulau lainnya dalam daftar tersebut adalah Mauritius, Paros di Yunani, Kepulauan Galapagos di Ekuador, Kepulauan Orkney di Skotlandia, Maui di Hawaii dan Azores di Portugal.

Menurut majalah tersebut, pembaca memberikan penilaian berdasarkan aktifitas, pemandangan, daya tarik alam, pantai, makanan, keramah-tamahan penduduk setempat serta nilai secara umum dari pulau-pulau tersebut.

Posisi Palawan telah mundur jauh dalam daftar sekalipun sempat di posisi pertama pada tahun 2013 dan 2017. Tujuan wisata Filipina lainnya, Boracay, tahun ini sama sekali tidak masuk dalam daftar tersebut setelah ditutupnya pulau itu oleh karena masalah pembuangan limbah. Berada di posisi kedua dan ketiga pada tahun 2016 dan 2017, pulau resor tersebut dijadwalkan untuk dibuka kembali pada bulan Oktober.

Original: Magazine readers say the world’s best islands are in Asia