The Fourth Branch of the police station of the Keelung City Police Department. Photo: Google Maps
The Fourth Branch of the police station of the Keelung City Police Department. Photo: Google Maps

Sepuluh warga negara Indonesia yang diduga bekerja secara ilegal di Taiwan berhasil ditangkap setelah sebelumnya mereka mencoba meloncat keluar dari balkon untuk melarikan diri dalam sebuah penggerebekan pada hari Senin, menurut petugas yang berwajib di New Taipei City.

Mendapatkan informasi mengenai adanya pekerja migran ilegal, Polisi kota Keelung pun menggerebek sebuah apartemen di wilayah Tucheng, New Taipei City pada hari Senin, surat kabar Taiwan Shin Sheng Daily News melaporkan.

Dalam sebuah kamar yang begitu berantakan didapati sembilan orang wanita dan seorang pria, semuanya warga negara Indonesia yang sudah tidak memiliki ijin bekerja yang sah dan masih berlaku, karena mereka melarikan diri dari majikan. Para PMI yang ditangkap sebelumnya diduga mencoba untuk melarikan diri lewat balkon apartemen di lantai dua tersebut, dimana beberapa perlengkapan memanjat ditemukan dan sebuah kasur ditempatkan di lantai dibawah balkon.

Mereka pun ditahan atas pelanggaran undang-undang layanan ketenagakerjaan dan undang-undang imigrasi Taiwan. Pihak yang berwajib saat ini sedang mencari majikan dan agen tenaga kerja para PMI tersebut, yang kemungkinan terlibat dalam tindakan perdagangan manusia atau eksploitasi tenaga kerja.

Original: Ten illegal migrants try to jump off balcony during raid