The old neighborhood of Taiyuan Road in Datong District of Taipei City. Photo: Google Maps
The old neighborhood of Taiyuan Road in Datong District of Taipei City. Photo: Google Maps

Seorang wanita Taiwan berusia 75 tahun beserta pembantu Indonesianya yang berusia 38 tahun tewas dalam kebakaran yang melahap rumah dua lantai yang mereka tempati di kota Taipei. Pemilik rumah tersebut, seorang pria berusia 77 tahun, masih berada dalam kondisi kritis setelah berhasil diselamatkan.

Petugas pemadam kebakaran menerima laporan mengenai kebakaran tersebut setelah seorang satpam disebuah gedung apartemen disekitar daerah itu melihat api berkobar di lantai satu rumah yang terletak di Gang 76, Jl. Taiyuan, Wilayah Datong, pada pukul 4 pagi hari Sabtu, Liberty Times melaporkan.

Rumah yang sudah berumur 100 tahun dan terbuat hampir semuanya dari batu bata, kayu dan lempengan besi tersebut adalah tempat tinggal dari sebuah pasangan suami-istri Taiwan bermarga Pan yang telah lanjut usia dan seorang cucu perempuan mereka. Pembantu Indonesia mereka yang bernama Imas, yang telah merawat pasangan lansia tersebut selama dua tahun, juga tinggal ditempat yang sama.

Regu penyelamat menemukan pasangan tersebut dan pembantu mereka dalam rumah itu dalam keadaan tidak sadar. Kedua wanita dinyatakan meninggal setelah segera dibawa ke rumah sakit, sementara sang pria berhasil disadarkan kembali namun masih dalam keadaan kritis. Polisi mengatakan sang cucu perempuan yang berusia 26 tahun sedang menginap di rumah temannya saat itu.

Pemeriksaan awal kepolisian menemukan bahwa sang pria berusaha menyelamatkan istrinya, yang telah lumpuh dan terus terbaring ditempat tidur, dengan bantuan pembantunya. Mereka tidak berhasil untuk keluar dari rumah tersebut sebelum lantai dua dari rumah itu runtuh dan menghalangi jalan keluar mereka.

Original: Bedridden woman and her carer killed as fire engulfs house